30 April 2009

Ada Apa Di Sekitar Pantai Kita? [GEOGRAFI]


"Mangrove Forest", yang telah tumbuh lebat dan hijau.

Kondisi Mangrove di sekitar ekosistem pesisir pantai.
Beberapa jenis tumbuhan dan kondisi hutan mangrove, yaitu :

üntuk Mangrove yang dibatasi oleh inlet yang menjadi sumber air tawar, secara litoral hingga batas yang masih dipengaruhi air asin (Desa Tamanjaya, Cigenter, beberapa pulau kecil di Handeueluem) dengan jenis Rhizophora apiculata dan Bruguiera parvifolia.

üntuk Mangrove yang berada pada perairan yang bersalinitas tinggi (salty water) secara permanen / temporer maka jenis Sonneratia alba dan Bruguiera sexangula muncul pada substrat berpasir sedangkan Rhizophora apiculata pada substrat berlumpur.

üntuk Pada perairan bersalinitas tinggi stagnan dengan daerah yang digenanginya temporer maka jenis Rhizophora apiculata dan Avecennia marina tumbuh pada substrat lumpur.

üntuk Pada tanah hitam atau sedikit berlumpur tumbuh jenis Aegiceras corniculatum, Acanthus ilicifolius, dan Lumnitzera racemosa.

üntuk Pada area yang jarang tergenang maka jenis Heritiera litoralis dan Acanthus ilicifolius akan lebih banyak terlihat.

"Padang Lamun", yang hijau dan seperti padang rumputnya-laut.


"Swamp filled with mangroves", terbukti manjur sebagai mekanisme anti abrasi pantai.


"Seaweed", merupakan rumput laut yang multifungsi, bisa dipakai sebagai obat, makanan, dll.


"Soft Corals", salah satunya diberi nama Kipas Gorgonia.



"The early life of mangrove trees", berupa tunas/biji pohon mangrove muda.



"One of many types of Corals and Soft Corals", yang bentuknya begitu indah dan menarik.




Sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis mangrove yang ada di sekitar pesisir pantai:

Tumbuhan Mangrove merupakan ciri khas wilayah pesisir dengan ekosistem yang sangat komplek. Karena berada di peralihan antara perairan laut, perairan tawar dan ekosistem terestrial, maka kawasan mangrove dapat memberi dukungan keragaman jenis flora dan fauna yang memiliki fungsi yang amat penting baik secara ekologis, sosial maupun ekonomis serta mendukung kehidupan masyarakat yang berdiam di wilayah pesisir. Peran dan fungsi hutan mangrove antara lain sebagai tempat tinggal sementara atau tetap, mencari makan, bereproduksi, memijah, dan membesarkan anak bagi beberapa biota yang berasosiasi dengannya. Hutan mangrove juga berperan sebagai peredam pemanasan global, gudang plasma nutfah serta pelindung pantai dari hempasan gelombang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar